Tuesday, January 21, 2014

Emiten Ritel Yang Untung Karena Banjir

Banjir yang melanda Jakarta dan beberapa daerah lain mendorong peningkatan penjualan produk emiten di sektor ritel, di antaranya PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) dan PT Ace Hardware Indonesia Tbk. (ACES).

Fernando Repi, Head of Public Relations Matahari Putra Prima menjelaskan kemungkinan kenaikan penjualan akan terjadi pada barang-barang kebersihan, karena masyarakat yang menjadi korban banjir membutuhkan peralatan tersebut setelah banjir.

"Kemungkinan kenaikan penjualan tersebut akan terjadi setelah banjir surut, kalau dalam waktu dekat warga belum bersih-bersih karena dirasakan sia-sia jika masih banjir", ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (20/1/2014).

Hal senada di sampaikan Sekretaris Perusahaan Ace Hardware Helen R Tanzil. Dia menjelaskan adanya peningkatan penjualan terhadap alat-alat kebersihan, hal tersebut terjadi tak hanya di tahun ini tetap juga pada saat banjir melanda Jakarta tahun lalu.

"Ada peningkatan penjualan terutama pada barang-barang cleaning", paparnya.

Meski demikian, Helen menjelaskan peningkatan tersebut jumlahnya hanya sedikit dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap total pendapatan perusahaan.

Namun, di samping adanya peningkatan penjualan, banjir juga mempengaruhi kinerja toko yang berada di wilayah banjir. Fernando mencontohkan penjualan di salah satu gerai yang berada di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utama mengalami penurunan. Hal tersebut disebabkan akses menuju toko yang tersendat karena banjir.