Tuesday, February 4, 2014

Gamification, Cara Baru Belajar Keuangan Pribadi

Gamification adalah nama keren untuk istilah belajar sambil bermain. Pernahkah Anda terpikir: Mengapa pendidikan keuangan pribadi (personal finance) begitu menegangkan? Finansialku.com akan membahas mengenai gamification cara baru belajar keuangan pribadi.

Apa itu Gamification

Istilah Gamification (Gamifikasi) menurut Wikipedia adalah: suatu metode pemanfaatan game (metode dan mekanisme) untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan pada banyak bidang. Istilah Gamifikasi telah berkembang pesat di negara-negara maju seperti Amerika. Umumnya Gamifikasi digunakan sebagai media pembelajaran anak-anak di sekolah. Hal yang menarik dalam gamification adalah perpaduan antara metode penyelesaian masalah (problem solving) dan keterlibatan aktif pengguna. Gamification dapat digunakan untuk mempelajari banyak hal seperti bidang ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, keuangan, pemasaran, manajemen dan lainnya.

Gamification dan Keuangan Pribadi

Apakah ada contoh penerapan gamifikasi dalam keuangan pribadi?
Menurut pendapat pribadi penulis Finansialku.com ada sebuah permainan tua yang mengajari Kita mengenai keuangan pribadi. Permainan tersebut adalah monopoly.

Dahulu semasa kecil, penulis melakukan permainan monopoli hanya sebatas permainan dan untuk kesenangan. Setelah cukup besar dan mempelajari perencanaan keuangan, ternyata permainan monopoly mengandung pembelajaran yang hebat. Jika Anda pernah memainkan monopoli, Anda pasti tahu bagaimana cara memenangkan permainan tersebut? Pasti Anda akan mulai dari mortgage, beli properti warna hijau dan terakhir hotel bewarna merah. Percaya atau tidak cara kerja didunia nyata mirip seperti di monopoly.

Permainan monopoly mengajarkan Kita salah satu jenis pendapatan, yang disebut dengan pendapatan pasif. Pertama-tama setiap orang diberi modal sejumlah uang (dalam dunia nyata hal ini berarti Kita memiliki dana dari hasil bekerja – earned income). Permainan dimulai dengan mengocok dadu, menjalankan (dalam dunia nyata hal ini berarti mencari peluang). Kemudian mulai membeli hipotek, rumah hijau sampai ke hotel (dalam dunia nyata hal ini berarti membeli aset berbetuk properti yang dapat disewakan).

Bagaimana dengan gamifikasi diera digital? Apakah ada perkembangan dari monopoly? Penulis sempat memainkan permainan arus kas (cashflow) dari RichDad. Jika Anda ingin mencoba silakan kunjungi websitenya:

Menurut pendapat pribadi penulis, Gamification dalam pengajaran perencanaan keuangan atau keuangan pribadi adalah satu sarana atau media. Hal yang penting adalah: Alasan mengapa Kita harus belajar keuangan?

Kesimpulan

Menurut pendapat pribadi penulis, gamification adalah salah satu cara pembelajaran aktif. Sistem pendidikan di Indonesia pada umumnya, berusaha menyampaikan topik finansial atau keuangan dengan pembelajaran pasif. Gamification dalam keuangan pribadi seperti permainan monopoly, cashflow atau aplikasi lainnya membantu Kita (sebagai pengguna) untuk dapat mempelajari dengan keterlibatan dalam pembelajaran. Selamat bermain dan belajar.